Langsung ke konten utama

Pengaplikasian Manajemen Dalam PT.Mayora Indah Tbk

  Profil Perusahaan  PT Mayora Indah Tbk  adalah perusahaan Fast Moving Consumer Goods yang mempunyai inti usaha dibidang makanan. Mayora Group adalah salah satu kelompok bisnis produk konsumen di Indonesia, yang didirikan pada tanggal 17 Februari 1977 . Perusahaan ini telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 4 Juli 1990 . Produksi dari PT Mayora Indah Tbk berbagai jenis kebutuhan pasar seperti biskuit, permen, wafer, cokelat, makanan kesehatan dan juga kopi. KETERAMPILAN SEORANG MANAJER   Yang dimaksud dengan skill atau keterampilan adalah suatu kemampuan untuk menterjemahkan pengetahuan ke dalam praktek sehingga tercapai tujuan yang diinginkan. Keterampilan yang paling penting adalah keterampilan yang memungkinkan manajer bisa membantu orang lain sehingga menjadi lebih produktif di tempat kerja. Robert L. Katz menggolongkan keterampilan dasar manajer menjadi 3 kategori yaitu; keterampilan teknis (technical skills), keterampilan kemanusiaan (human skills), d

Pengaplikasian Manajemen Dalam PT.Mayora Indah Tbk

 

Profil Perusahaan

 PT Mayora Indah Tbk  adalah perusahaan Fast Moving Consumer Goods yang mempunyai inti usaha dibidang makanan. Mayora Group adalah salah satu kelompok bisnis produk konsumen di Indonesia, yang didirikan pada tanggal 17 Februari 1977. Perusahaan ini telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 4 Juli 1990. Produksi dari PT Mayora Indah Tbk berbagai jenis kebutuhan pasar seperti biskuit, permen, wafer, cokelat, makanan kesehatan dan juga kopi.

KETERAMPILAN SEORANG MANAJER

 Yang dimaksud dengan skill atau keterampilan adalah suatu kemampuan untuk menterjemahkan pengetahuan ke dalam praktek sehingga tercapai tujuan yang diinginkan. Keterampilan yang paling penting adalah keterampilan yang memungkinkan manajer bisa membantu orang lain sehingga menjadi lebih produktif di tempat kerja. Robert L. Katz menggolongkan keterampilan dasar manajer menjadi 3 kategori yaitu; keterampilan teknis (technical skills), keterampilan kemanusiaan (human skills), dan keterampilan konseptual (conseptual skills).

Kunci sukses keberhasilan PT. Mayora Indah Tbk dalam bersaing, tentu saja tidak terlepas dari beberapa strategi yang diterapkan oleh pihak manajemen dalam mengatur strategi perusahaan mulai dari pemasaran, menghadapi konsumen dan pesaing. Salah satu produk perusahaan yang sangat laku di pasaran adalah kopi yang menjadi selera para konsumen, khususnya di Indonesia.

PT. Mayora Indah Tbk mencoba menyesuaikan saluran distribusinya dengan kebutuhan pelanggannya. Saluran distribusi yang kreatif dan luar biasa ini menjadi sumber dari keunggulan bersaingnya. Sehingga PT. Mayora Indah dapat memperoleh banyak pangsa pasar dan dapat melayani berbagai kebutuhan dari beberapa segmen dengan cepat dan terfragmentasi.

ETIKA SEORANG MANAJER

 Etika manajerial adalah standar prilaku yang memandu manajer dalam pekerjaan mereka.Etika (Yunani Kuno: “ethikos”, “berarti”,“timbul dari kebiasaan”) adalah cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah,baik, buruk, dan tanggung jawab. 

Etika terbagi menjadi tiga bagian utama: meta-etika (studi konsep etika), etika normatif (studi penentuan nilai etika), dan etika terapan (studi penggunaan nilai-nilaietika).

Ada tiga kategori klasifikasi :

*  Perilaku terhadap karyawan

*  Perilaku terhadap organisasi

*  Perilaku terhadap agen ekonomi lainnya

*  Perilaku terhadap agen ekonomi lainnya

Etika pada PT. Mayora Indah Tbk dalam Memperlakukan Karyawan

  Satu area penting dari etika lintas budaya dan internasional adalah perlakuan terhadap karyawan oleh organisasi. Hal ini dilakukan untuk memberikan banyak kesempatan menuju perkembangan keterampilan dan karier, untuk menawarkan kompensasi dan tunjangan yang layak, dan untuk menghormati hak dan harga diri pribadi dari setiap karyawan.

Misalnya, jumlah karyawan PT. Mayora Indah Tbk dan entitas anak per 31 Desember 2016 seluruhnya 11.199 orang, sementara pada tahun 2015 berjumlah 8.070 orang atau bertambah 3.129 orang. Penambahan ini sejalan dengan peningkatan volume penjualan perusahaan.

 Perusahaan memberikan perhatian yang besar terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia dalam semua tingkat dan fungsi jabatan yang ada di dalam perusahaan. Perencanaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia yang dilakukan oleh perusahaan selaras dengan arah dan kebijakan perusahaan baik yang bersifat strategis maupun untuk kepentingan jangka panjang.

Etika pada PT. Mayora Indah Tbk dalam Hubungan Bisnis

1)         Pemasok

Kehawatiran tentang Keselamatan, Kualitas, dan keterjangkauan produk, oleh karena itu PT.MAYORA  terus mencari kerjasama dengan pemasok bahan baku dan bahan kemasan yang dapat memberikan produk dengan kualitas baik dan layanan dengan harga yang kompetitif.

2)         Distribusi

Saat ini, Mayora memiliki sekitar 500 distributor di seluruh Indonesia dan di seluruh dunia Namun,  masih memperluas jaringan distribusi di seluruh dunia.

FUNGSI DAN PROSES MANAJEMEN

Fungsi-fungsi utama manajemen, menurut pandangan Barnard adalah perumusan tujuan dan pengadaan sumber daya-sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Barnard menekankan pentingnya peralatan komunikasi untuk mencapai tujuan kelompok. Dia juga mengemukakan teori penerimaan pada wewenang.

Pada umumnya manajemen dibagi menjadi beberapa fungsi manajemen, yaitu merencakan, mengkoordinasikan, mengarahkan, mengawasi, dan pengendalian kegiatan dalam rangka usaha untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara efektif dan efisien. 

Peran dan fungsi manajemen dalam PT.Mayora Indah Tbk

1.     Manajemen ISO (International Organization for Standardization)

 Saat ini PT mayora indah telah menerapkan sistem manajemen ISO 22000 : 2005 yaitu tentang keamanan pangan Untuk menjaga mutu produk dan keamanan pangan sebagai salah satu standar FOOD SAFETY, yang digunakan secara internasional diseluruh dunia.

PT mayora menerapkan sistem manajemen ISO Selain kebutuhan dunia industri makanan pada khususnya adalah bagaimana meningkatkan profit margin dan efisiensi organisasi sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Oleh karenanya permasalahan ini perlu diantisipasi dengan menerbitkan suatu metode untuk melakukan risk analysis atau analisis resiko terhadap bahaya yang disebabkan oleh makanan dalam proses penyediaannya dan sekaligus diperlukan suatu metode manajemen  mutu yang dapat mengontrol dan meningkatkan perbaikan yang berkesinambungan. Melalui penerepan  ISO 22000 ini PT Mayora indah berharap dapat menjamin keamanan produknya untuk dikonsumsi dan melakukan perbaikan yang berkesinambungan Sebagaimana standar sistem Manajemen Mutu ISO 22000 yang ditinjau secara periodik.

2.     SMK3 sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja, beberapa diantaranya adalah:

a)    Melindungi Pekerja

Tujuan utama penerapan SMK3 adalah untuk melindungi pekerja dari segala bentuk kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Bagaimanapun pekerja adalah asset perusahaan yang paling penting. Dengan menerapkan K3 angka kecelakaan dapat dikurangi atau ditiadakan sama sekali, hal ini juga akan menguntungkan bagi perusahaan, karena pekerja yang merasa aman dari ancaman kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja akan bekerja lebih bersemangat dan produktif.

b)    Patuh Terhadap Peraturan dan Undang-Undang

Perusahaan-perusahaan yang mematuhi peraturan atau perundang-undangan yang berlaku pada umumnya terlihat lebih sehat dan exist. Karena bagaimana peraturan atau perundang-undangan yang dibuat bertujuan untuk kebaikan semua pihak. Dengan mematuhi peraturan dan perundang-undangan yang berlaku maka perusahaan akan lebih tertib dan hal ini dapat meningkatkan citra baik perusahaan itu sendiri. Berapa banyak perusahaan melakukan pengembangan terhadap peraturan yang berlaku mengalami kebangkrutan atau kerugian karena mengalami banyak permasalahan baik dengan karyawan, pemerintah dan lingkungan setempat.

c)     Meningkatkan kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan

Penerapan SMK3 secara baik akan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Betapa banyak pelanggan yang mensyaratkan para pemasok atau suplier mereka untuk menerapkan SMK3 atau OHSAS 18001. karena penerapan SMK3 akan dapat menjamin proses yang aman, tertib dan bersih sehingga bisa meningkatkan kualitas dan mengurangi produk cacat. Para pekerja akan bekerja secara lebih baik, karena mereka terlindungi dengan baik sehingga bisa lebih produktif. Kecelakaan dapat dihindari sehingga bisa menjamin perusahaan beroperasi secara penuh dan normal untuk menjamin kontinuitas supplai kepada pelanggan. Tidak jarang pelanggan melakukan audit K3 kepada para pemasok mereka untuk memastikan bahwa pekerja terlindungi dengan baik dan proses produksi dilakukan secara aman. Tujuan mereka tidak lain adalah untuk memastikan bahwa mereka sedang berbisnis dengan perusahaan yang bisa menjamin kontinuitas supplai bahan baku mereka.

d)    Membuat Sistem Manajemen Yang Efektif

Dengan menerapkan SMK3 atau OHSAS 18001 maka sistem manajemen keselamatan akan tertata dengan baik dan efektif. Karena di dalam SMK3 ataupun OHSAS 18001 dipersyaratkan adanya prosedur yang terdokumentasi, sehingga segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan akan terorganisir, terarah, berada dalam koridor yang teratur dan dilakukan secara konsisten. Rekaman-rekaman sebagai bukti penerapan sistem disimpan untuk memudahkan pembuktian identifikasi akar masalah ketidaksesuaian. Sehingga analysis atau identifikasi ketidaksesuaian tidak berlarur-larut dan melebar menjadi tidak terarah, yang pada akhirnya memberikan rekomendasi yang tidak tepat atau tidak menyelesaikan masalah.

Dalam sistem ini juga dipersyaratkan untuk dilakukan perencanaan, pengendalian, tinjau ulang, umpan balik, perbaikan dan pencegahan. Semua itu merupakan bentuk sistem manajemen yang efektif. Sistem ini juga meminta komitmen manajemen dan partisipasi dari semua karyawan, sehingga totalitas ini akan memberikan lebih banyak peluang untuk melakukan peningkatan atau perbaikan yang lebih efektif bagi perusahaan.

3. Program Pengembangan

 Divisi HR menciptakan beberapa program pengembangan di berbagai bidang, misalnya teknologi dan menjaga kualitas produk. Teknologi pembuatan hingga pengemasan makanan dan minuman di pabrik Mayora sebagian besar menggunakan teknologi tingkat tinggi. Misalnya saja salah satu mesin pengemasan biskuit dari Eropa yang dimiliki Mayora, diklaim sebagai mesin pengemas terbesar di dunia.Mesin tersebut menggunakan teknologi robot yang mampu memindahkan ribuan biskuit dalam satu jam ke tempat pengemasan, sementara pada pabrik serupa, masih menggunakan cara manual. Kendati demikian, Mayora tetap menyerap tenaga kerja sekitar 2.000 hingga 3.000 orang setiap kali membangun pabrik baru. 

PT.Mayora mencoba menyesuaikan saluran distribusinya dengan kebutuhan pelanggannya. Saluran distribusi yang kreatif dan luar biasa ini menjadi sumber dari keunggulan bersaingnya. Sehingga PT.Mayora dapat memperoleh banyak pangsa pasar dan dapat menjangkau populasi sasaran yang tersebar luas. Sehingga dapat melayani berbagai kebutuhan dari beberapa segmen dengan cepat dan terfragmentasi.

Sistem saluran seringkali berkembang agar dapat memenuhi peluang dan kondisi pasar. Maka untuk mendapatkan efektivitas maksimum, analisis dan pengambilan keputusan saluran distribusi harus lebih ditekankan pada tujuan. Mendesain sebuah sistem saluran membutuhkan analisis terhadap kebutuhan layanan konsumen. Mendesain saluran distribusi dinilai dengan menemukan nilai apa yang diinginkan oleh berbagai segmen sasaran dari saluran distribusi.


 DAFTAR PUSTAKA

  https://sanwindayani.wordpress.com/2016/01/28/manajemen-organisasi-danlingkungan-bisnis-pt-mayora-indah-tbk/

  https://kyungiedudu.blogspot.com/2017/06/bisnis-internasional-studi-kasuspt.html?m=1

  https://ilmumanajemenindustri.com/3-keterampilan-manajemen-yang-harus-dimilikioleh-manajer/ 

 

 

 

 

 

  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah Awal Menjadi Seorang Kewirausahaan Digital

Hallo, Sobat  Dunia Kampus Berbicara mengenai merebaknya covid-19, saat ini banyak aspek yang terdampak karena pandemi salah satunya pada aspek perekonomian. Hadirnya media sosial dengan berupa ekonomi digital semakin membuka peluang usaha baru bagi masyarakat, oleh karena itu menjadi munculnya istilah “kewirausahaan digital” yang merupakan gabungan dari ‘teknologi’ dan ‘entrepreneur’. Jadi kewirausahaan digital merupakan usaha yang digeluti oleh masyarakat melalui digital. Bahkan beberapa perusahaan berbasis digital di indonesia sudah banyak mewarnai dan membawa dinamika baru bagi masyarakat indonesia seperti Gojek, Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya, yang terbukti sukses dan mampu banyak membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat indonesia. Seorang wirausaha digital yang sukses akan mendapatkan kesulitan dan kemunduran jika tidak mampu menyesuaikan zaman, karena di era digital banyak kemudahan yang disuguhkan dan mengundang orang lain untuk menemukan berbagai usaha. Tanpa teknolog

Strategi Dalam Dunia Digital Marketing

  Hallo Sobat  Dunia Kampus Indonesia sudah memasuki era industri 4.0 yang ditandai dengan serba digital, era 4.0 akan terus membawa dan menghadirkan banyak perubahan yang tidak bisa dihentikan. Bagi generasi milenial pastinya sudah tidak asing dan tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kenyataan saat pandemi ini ketika kita di batasi mobilitasnya untuk keluar rumah, yang berarti orang melakukan aktivitasnya di dalam rumah maka yang dimana menunjukan semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk mengakses internet dan media sosial. Di era serba digital ini, bisa dikatakan pemasaran lewat digital sangat penting karena hampir semua orang cenderung fokus menggunakan smartphone yang digunakannya untuk mengakses berbagai informasi yang tersedia di internet. Internet sudah menjadi tidak asing lagi bagi orang-orang karena dalam masa saat ini internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Perkembangan era digital yang begitu pesat sangat memb

Pengaplikasian Komunikasi dalam Perusahaan PT.SidoMuncul

  Profil perusahaan PT.SidoMuncul PT SidoMuncul adalah pabrik jamu tradisional yang didirikan dari home industri yang dikelola oleh Ibu Rakhmat Sulistio di Yogyakarta pada tahun 1940. Saat itu, beliau hanya memiliki tiga karyawan yang membantu beliau menghasilkan ramuan dalam bentuk yang lebih praktis (bubuk). Pada tahun 1951, beliau kemudian mendirikan sebuah perusahaan sederhana, bernama SidoMuncul dengan produk pertama yang dapat melawan influenza yang membuat SidoMuncul menjadi terkenal dan mendapatkan banyak permintaan pasar. Namun sayangnya, pabrik ini tidak mampu menghasilkan produk yang lebih banyak. Maka, pada tahun 1984, Ibu Rakhmat pindah ke rumah industri di Jalan Kaligawe. Dengan pindahnya beliau, perusahaan mampu merespon permintaan pasar. Pabriknya mulai dilengkapi dengan mesin modern, Jumlah karyawan juga ditambahkan. Perusahaan pun terus menambah jumlah pabrik dan karyawan untuk terus mengembangkan perusahaan. Pada tahun 1997, SidoMuncul memiliki pabrik seluas 29 h