Hallo
Sobat Dunia Kampus
Indonesia sudah memasuki era industri 4.0 yang ditandai dengan serba
digital, era 4.0 akan terus membawa dan menghadirkan banyak perubahan yang
tidak bisa dihentikan. Bagi generasi milenial pastinya sudah tidak asing dan
tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi digital dalam kehidupan
sehari-hari. Dengan kenyataan saat pandemi ini ketika kita di batasi
mobilitasnya untuk keluar rumah, yang berarti orang melakukan aktivitasnya di
dalam rumah maka yang dimana menunjukan semakin banyak waktu yang dihabiskan
untuk mengakses internet dan media sosial.
Di era serba digital ini, bisa dikatakan pemasaran lewat digital sangat
penting karena hampir semua orang cenderung fokus menggunakan smartphone yang
digunakannya untuk mengakses berbagai informasi yang tersedia di internet.
Internet sudah menjadi tidak asing lagi bagi orang-orang karena dalam masa saat
ini internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Perkembangan era digital yang
begitu pesat sangat membantu orang-orang memberikan kemudahan layanan dan
cakupan tanpa batas.
Dengan adanya kemajuan teknologi komunikasi dan informasi di era digital,
maka harus dipahami dan lakukan sebagai bagian dari strategi pemasaran pada
dunia kewirausahaan, ditambah lagi di era pandemi ini semakin menunjukan betapa
sangat pentingnya digital marketing bagi dunia kewirausahaan. Karena ketika seseorang
sudah tidak bisa mengakses secara langsung beberapa media promosi atau
pemasaran yang dilakukan, maka media digital menjadi satu-satunya solusi yang
dilakukan, jadi ini sudah menjadi peluang yang tidak hanya di indonesia tetapi
juga secara global karena penggunaan media digital ini menjadi kebutuhan utama
bagi seluruh konsumen yang ada di dunia. Oleh karena itu melalui media digital
ini seorang wirausaha akan menjadi mudah juga untuk melakukan promosi dan
pemasaran melalui media digital.
Berdasarkan video ’’Digital Marketing’’ yang dapat dilihat di Channel
Youtube Dedi Purwana Channel, Pada channel tersebut berdasarkan data ditahun
januari 2019 terlihat total populasi di indonesia sebesar 268,2 juta, dan terdapat
150 juta di indonesia sudah menggunakan internet dan keseluruhannya pada
pengguna internet sudah aktif menggunkan sosial media. Hampir 80 persen
pengguna aktif media sosial menggunakan smartphone, yang artinya hampir seluruh
masyarakat indonesia menggunakan smartphone bukan lagi sebagai barang mewah
tetapi menjadi sebuah kebutuhan. jadi dalam hal pemasaran seorang wirausaha akan
lebih banyak menggunakan pemasaran menggunakan media sosial sebagai strategi
pemasarannya dikarenakan banyak konsumen yang telah aktif dalam menggunakan
media sosial melalui smartphone.
Kemudian pada data berikutnya di janurai 2020 terlihat penambahan 1,1
persen populasi dan pertumbuhan penggunaaan smartphone yang lebih cepat, begitupun
dengan pertumbuhan penggunaan internet terlihat tumbuh sebesar 17 persen dalam
satu tahun dengan lebih cepat. Jadi dapat kita pahami bahwa pertumbuhan orang
yang menggunakan smartphone lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan
populasi di indonesia. Hal ini menunjukan gejala postif yang bisa dijadikan
peluang bagi seorang kewirausahaan digital bahwa muncul satu pola baru dalam
konsumen bahwa kita harus mempertimbangkan media digital sebagai dari strategi
pemasaran, dikarenakan dalam masa sekarang ini orang-orang juga sudah tidak
memperhatikan bilboard dan sudah tidak lagi membaca brosur konvensional, jadi
dengan menggunakan media-media konvensional sudah tidak cukup efektif dan
efisien.
Kemudian data ditahun 2019 mengenai penggunaan platform yang paling
digemari oleh pengguna di media sosial berdasarkan data yang tertinggi adalah
youtube, whatsapp, facebook, instagram, dan sebagainya. Berdasarkan data
tersebut setidaknya para pelaku usaha bisa memahami dan mempertimbangkan bahwa
harus dapat memasang iklan pada media-media tersebut, karena penggunaan
platform yang di sebutkan adalah yang sering banyak digunakan oleh pengguna
media sosial. Dengan ditempatkan pada media sosial maka iklan pemasaran yang
kita pasang akan dengan mudah untuk diakses oleh pengguna, karena rata-rata pengguna
media sosial di indonesia biasanya menggunakan internet kurang lebih 8 jam 30
menit bahkan kemungkinan lebih dari itu kita menggunakan internet atau dalam
mengakses internet.
Hal-hal tersebut bisa menjadi pertimbangan bagi para pemasar dalam
pengiklanan atau aktif dalam media sosial sebagai media promosi atau media
pemasaran. Fenomena tersebut bisa menjadi pertimbangan bagi seorang
kewirausahaan muda untuk memandang penting dan aktif untuk merancang sebuah
strategi dalam digital marketing supaya usaha yang dijalankan menjadi tumbuh
dan berkembang, produk lebih dikenal serta mampu berdaya saing dengan
persaingan yang ada di lingkungan sekitar.
Dalam merancang strategi yang dilakukan agar perusahaan mampu lebih
berkembang maka diperlukan adanya suatu kerangka perencanaan dalam e-marketing
yang diterapkan yaitu dapat menggunakan SOSTAC Marketing Diagram antara lain :
1. Situasi
Merupakan
tahapan pertama dalam menyusun suatu perencanaan untuk memahami mengenai
lingkungan saat ini dan kedepannya akan seperti apa agar tujuan terealisasi. Terdapat
5S dalam marketing yang merupakan manfaat dari e-comerce yaitu
Sales, yang membantu
dalam meningkatkan penjualan, misalnya dalam hal promosi yang dilakukan secara
online dapat menjangkau masyarakat secara luas. Serve, mampu menambah nilai
bagi pelanggan dengan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada
pelanggan. Speak, mengenai bagaimana kita mampu berbicara dengan pelanggan. Save,
merupakan penerapan untuk mengurangi biaya promosi yang sering dikeluarkan.
Kemudian Sizlee, merupakan penerapan bagaimana meningkatkan dan memperluas
pelanggan.
2. Tujuan
Tahap ini merupakan
tahap untuk menentukan tujuan seperti apa agar perusahaan fokus terhadap apa
yang ingin dicapai dan tujuan yang di buat harus sanggup untuk dicapai dengan
dapat dibandingkan dengan kemampuan perusahaan dengan tujuan yang ditetapkan,
dan tujuan yang ditetapkan harus bisa diterapkan untuk masalah yang dihadapi
3. Strategi
Setelah adanya
tujuan maka akan muncul strategi, karena strategi disusun berdasarkan tujuan
dan visi yang membicarakan bagaimana tujuan itu akan dicapai
4. Taktik
Merupakan
bagaiman cara lebih yang harus dilakukan untuk mencapai yang diinginkan,
misalnya dalam hal menentukan media platform seperti apa yang akan digunakan,
mengembangkan produk seperti apa yang dibutuhkan pelanggan, mengenai harga,
tempat dan sebagainya.
5. Aksi
Merupakan perencanaan
tindakan e-marketing yang lebih mengacu kepada kegiatan yang dilakukan
oleh manajer mengenai bagaimana untuk melaksanakan suatu rencana, atau aksi
yaitu tingkat investasi saluran apa di saluran internet yang cukup untuk
memberikan layanan, mengenai kegiatan seperti apakah yang dapat dilakukan untuk
mengelola website, kemudian dalam menentukan aksi yakni mengenai
anggaran yang termasuk biaya untuk pengembangan, promosi dan pemeliharaan
6. Kontrol
Yang berarti
mengontrol semuanya apakah sudah mengarah kepada tujuan yang akan dicapai atau
tidak, jika masih belum mengarah kepada tujuan yang hendak kita capai maka
harus kembali dalam perencanaan awal yang dimana dengan cara menilai posisi
kita dimana kemudia akan melakukan apa. Karena jika ingin mengembangkan sebuah
usaha maka kita tidak bisa berhenti begitu saja, jadi dalam hal ini kita
dituntut untuk lebih kreatif, inovatif dan melakukan berbagai macam perencanaan
dan gerakan yang harus di lakukan untuk membangun suatu usaha.
Keren bangett✨✨ ditunggu postingan berikutnya
BalasHapusthanku infonyaa
BalasHapusThanks
BalasHapus