Hallo, Sobat Dunia Kampus
Berbicara mengenai merebaknya covid-19, saat ini banyak aspek yang terdampak karena pandemi salah satunya pada aspek perekonomian. Hadirnya media sosial dengan berupa ekonomi digital semakin membuka peluang usaha baru bagi masyarakat, oleh karena itu menjadi munculnya istilah “kewirausahaan digital” yang merupakan gabungan dari ‘teknologi’ dan ‘entrepreneur’. Jadi kewirausahaan digital merupakan usaha yang digeluti oleh masyarakat melalui digital. Bahkan beberapa perusahaan berbasis digital di indonesia sudah banyak mewarnai dan membawa dinamika baru bagi masyarakat indonesia seperti Gojek, Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya, yang terbukti sukses dan mampu banyak membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat indonesia.
Seorang wirausaha digital yang sukses akan mendapatkan kesulitan dan kemunduran jika tidak mampu menyesuaikan zaman, karena di era digital banyak kemudahan yang disuguhkan dan mengundang orang lain untuk menemukan berbagai usaha.Tanpa teknologi digital yang handal juga akan sangat sulit untuk mengontrol satu sama lainnya, Berdasarkan penelitian dari IDC worldwide (2015) Tantangan & peluang digital indonesia untuk dapat masuk kedalam dunia digital dan mampu menentukan apakah revolusi digital sudah masuk ke dunia industri atau tidak ada empat hal yang harus di perhatikan yaitu mobile internet, kemudian cloud technology misalnya dalam perusahaan PT Indoguna Utama tanpa adanya cloud tecnology perusahaan tidak akan bisa mengontrol suatu perusahaan di seluruh indonesia, hal ketiga yang harus diperhatikan yaitu kemanfaatan internet of things contoh di dalam PT Indoguna Utama yang memiliki armada dalam industri agar terkontrol, kemudian dalam big data dan advanced analytic yang dapat memprediksi data dari tahun sebelum-sebelumnya dengan lebih akurat.
Strategi apa yang harus
dilakukan oleh seorang wirausaha digital juga sangat penting misalnya salah
satu perusahaan dari PT Indoguna Utama sebagai distributor. strategi yang
digunakan yaitu dengan memakai teknologi yang handal dalam mengelola pesanan.
Beberapa strategi bisnis yang dilakukan
oleh PT Indoguna Utama di era bisnis ini yaitu :
· keunggulan kompetitif
diperoleh pada kepuasan pelanggan yaitu menyesuaikan sesuai dengan keinginan
pelanggan, dalam era pandemi ini tidak semua operasi bisa berjalan dengan
offline oleh karena itu dengan adanya teknologi online, operasional offline
sudah menjadi online.
· Big data menggunakan
SAP Business one yang digunakan untuk mendukung transaksi bisnis
· Cybersecurity, karena seorang wirausaha digital berarti masuk ke dalam dunia digital, dunia digital ini terhubung satu dengan yang lainnya dan jika tidak mempunyai pertahanan yang cukup, resiko akan sangat tinggi sekali.
Untuk menjadi seorang wirausaha digital tentunya juga sangat tidak mudah, pastinya banyak tantangan yang harus dihadapi sebelumnya untuk menjadi seorang wirausaha digital, namun jadikanlah tantangan itu sebagai peluang.
Tantangan awal untuk menjadi seorang wirausaha digital adalah adanya peluang, peluang juga bisa muncul dari sebuah kebiasaan dan pengamatan yang sedang terjadi di masyarakat. Mengutip dari CNN Indonesia (2017) seperti kisah salah satu wirausaha digital indonesia yaitu Nadiem Makarim Ceo. PT Gojek Indonesia, penyedia jasa transportasi ojek online yang memulai ide bisnisnya setelah melihat permasalahan utama pengendara ojek yang menghabiskan banyak waktunya untuk menunggu pelanggan, sedangkan pelanggan sendiri malas untuk berjalan mencari pangkalan ojek. Solusi yang ditawarkannya dengan menghubungkan pengendara ojek dan pelanggannya melalui ponsel. Usaha ini telah dijalankan sejak tahun 2015 dan sukses membawa PT. Gojek Indonesia sebagai salah satu pengubah dunia versi majalah fortune di tahun 2017.
Tantangan kedua pada prinsip-prinsip dasar berbisnis yang harus dimiliki
oleh seorang wirausaha digital. Mengutip academia edu, bahwa prinsip-prinsip
dasar yang harus dimiliki saat ingin memulai karier sebagai seorang wirausaha
digital adalah :
·
Adanya minat
Ketertarikan dalam menjalankan sesuatu yang dijalani, jika kecintaan
tersebut dijalani maka akan memotivasi untuk terus maju mencapai tujuan yang
diinginkan
·
Adanya visi misi jangka
panjang
Pentingnya memiliki visi jangka panjang dalam berbisnis akan membantu
dalam menjalankan suatu bisnis, termasuk menentukan strategi perusahaan.
·
Memiliki kemampuan
kepemimpinan
Sebagai seorang wirausaha digital haruslah memiliki kemampuan
kepemimpinan, minimal dalam meimpin sendiri. Kepemimpinan akan semakin
diperlukan ketika seorang wirausaha tidak lagi bekerja sendiri. Jiwa kepemimpinan
akan membantu dalam menjaga semangat, kepercayaan, serta kerja sama dalam
mencapai tujuan
·
Jaringan atau Relasi
Seorang pengusaha sukses indonesia, Chairul tanjung mengatakan bahwa dalam membangun usaha, membangun jaringan adalah prinsip yang sangat penting. Membangun relasi harus dimulai dari awal merintis suatu usaha. Bisa membangun dan mendapatkan mitra kerja akan membantu dalam mengembangkan bisnis, terlebih lagi jika seorang wirausaha mendapatkan kendala.
Keberhasilan Seorang wirausaha digital tidak terlepas dengan karakteristik yang dimilikinya, Salah satu karakteristik yang paling utama tentunya pantang menyerah karena saat akan memulai menjadi seorang wirausaha digital pasti akan banyak menemui berbagai kendala. karakteristik selanjutnya yang harus dimiliki yaitu mempunyai kreativitas tanpa batas, sebab kreativitas tanpa batas merupakan salah satu kunci yang menentukan kesuksesan seseorang dengan ide-ide yang unik dan dapat dikembangkan, sehingga semakin menarik ide tersebut maka akan semakin banyak yang akan menyukainya. Selanjutnya optimis dalam segala hal adalah karakteristik seorang wirausaha digital yang harus ada karena sikap optimis akan menumbuhkan rasa percaya diri, kemudian membuat seorang wirausaha digital semakin semangat dalam mengelola dan dapat bekerja secara maksimal.
Kompetensi / skill yang perlu dimiliki ketika ingin menjadi seorang wirausaha digital Juga dilihat dari Pengukuran kinerja wirausaha digital bagaimana mencapai target financial dengan berpikir bagaimana mendapat pelanggan dan bagaimana pelanggan agar selalu loyal. Agar mencapai target financial berarti pelanggan harus selalu puas dengan apa yang diberikan. Untuk itu Kompetensi apa yang dibutuhkan oleh seorang wirausaha digital yaitu :
· Komunikasi
Yaitu
keterampilan yang penting bagi seorang wirausaha digital, karena wirausaha
perlu menjelaskan ide yang dimilikinya untuk promosi ke investor atau pelanggan
· Finansial
Memiliki
kecerdasann finacial sangat penting dalam wirausaha, dalam mengendalikan arus
kas sangat penting bagi bisnis besar
· Merek
setiap
wirausaha harus memiliki merek atau khas tertentu agar pelanggan tertarik
terhadap usaha kita
· Marketing
Seorang
wirausaha digital pastinya memiliki produk yang terbaik, tetapi jika tidak ada yang
tahu produk tersebut tidak akan berharga jadi seorang wirausaha harus pahami
secara mendalam berbagai displin ilmu pemasaran digital untuk mengoptimalkan
searc engine, seperti pemasaran menggunakan video singkat untuk menarik
pelanggan, pemasaran melalui media sosial dan sebagainya
· Automation
Jika
perangkat lunak bisa mengerjakan, maka pelajarai cara menggunakan atau
melakukan pendelegasian.
· Design
Banyak
seorang wirausaha yang mengabaikan design pada produknya, sedangkan design juga
penting agar dapat menarik konsumen.
· Analysic
Seorang
wirausaha harus membuat suatu keputusan berdasarkan data, karena jika hanya
berdasarkan intuisi kemungkinan besar akan salah dalam mengambil suatu
keputusan
· Tehnical
Seorang
wirausaha sedikitnya harus memahami teknologi karena tanpa konsep teknologi
yang dipahami akan sangat sulit menyesuaiakan usaha yang dimiliki pada era
digital.
posting terus artikel menarik lainnya!
BalasHapusinformatif bangettt
BalasHapussuper informatif!!✨
BalasHapusbagus sekali..
BalasHapuswahh informatif banget
BalasHapusKerenn, berguna banget nih buat yang para pemula. Harus banget baca biar dapet pengetahuan baru.
BalasHapusSangat bermanfaat ka
BalasHapusWahh sangat menarik sekali✨✨
BalasHapus