Langsung ke konten utama

Pengaplikasian Manajemen Dalam PT.Mayora Indah Tbk

  Profil Perusahaan  PT Mayora Indah Tbk  adalah perusahaan Fast Moving Consumer Goods yang mempunyai inti usaha dibidang makanan. Mayora Group adalah salah satu kelompok bisnis produk konsumen di Indonesia, yang didirikan pada tanggal 17 Februari 1977 . Perusahaan ini telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 4 Juli 1990 . Produksi dari PT Mayora Indah Tbk berbagai jenis kebutuhan pasar seperti biskuit, permen, wafer, cokelat, makanan kesehatan dan juga kopi. KETERAMPILAN SEORANG MANAJER   Yang dimaksud dengan skill atau keterampilan adalah suatu kemampuan untuk menterjemahkan pengetahuan ke dalam praktek sehingga tercapai tujuan yang diinginkan. Keterampilan yang paling penting adalah keterampilan yang memungkinkan manajer bisa membantu orang lain sehingga menjadi lebih produktif di tempat kerja. Robert L. Katz menggolongkan keterampilan dasar manajer menjadi 3 kategori yaitu; keterampilan teknis (technical skills), keterampilan kemanusiaan (human skills), d

Langkah Awal Menjadi Seorang Kewirausahaan Digital

Hallo, Sobat Dunia Kampus

Berbicara mengenai merebaknya covid-19, saat ini banyak aspek yang terdampak karena pandemi salah satunya pada aspek perekonomian. Hadirnya media sosial dengan berupa ekonomi digital semakin membuka peluang usaha baru bagi masyarakat, oleh karena itu menjadi munculnya istilah “kewirausahaan digital” yang merupakan gabungan dari ‘teknologi’ dan ‘entrepreneur’. Jadi kewirausahaan digital merupakan usaha yang digeluti oleh masyarakat melalui digital. Bahkan beberapa perusahaan berbasis digital di indonesia sudah banyak mewarnai dan membawa dinamika baru bagi masyarakat indonesia seperti Gojek, Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya, yang terbukti sukses dan mampu banyak membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat indonesia.

Seorang wirausaha digital yang sukses akan mendapatkan kesulitan dan kemunduran jika tidak mampu menyesuaikan zaman, karena di era digital banyak kemudahan yang disuguhkan dan mengundang orang lain untuk menemukan berbagai usaha.Tanpa teknologi digital yang handal juga akan sangat sulit untuk mengontrol satu sama lainnya, Berdasarkan penelitian dari IDC worldwide (2015) Tantangan & peluang  digital indonesia untuk dapat masuk kedalam dunia digital dan mampu menentukan apakah revolusi digital sudah masuk ke dunia industri atau tidak ada empat hal yang harus di perhatikan yaitu mobile internet, kemudian cloud technology misalnya dalam perusahaan PT Indoguna Utama tanpa adanya cloud tecnology perusahaan tidak akan bisa mengontrol suatu perusahaan di seluruh indonesia, hal ketiga yang harus diperhatikan yaitu kemanfaatan internet of things contoh di dalam PT Indoguna Utama yang memiliki armada dalam industri agar terkontrol, kemudian dalam big data dan advanced analytic yang dapat memprediksi data dari tahun sebelum-sebelumnya dengan lebih akurat.

Strategi apa yang harus dilakukan oleh seorang wirausaha digital juga sangat penting misalnya salah satu perusahaan dari PT Indoguna Utama sebagai distributor. strategi yang digunakan yaitu dengan memakai teknologi yang handal dalam mengelola pesanan. Beberapa  strategi bisnis yang dilakukan oleh PT Indoguna Utama di era bisnis ini yaitu :

·       keunggulan kompetitif diperoleh pada kepuasan pelanggan yaitu menyesuaikan sesuai dengan keinginan pelanggan, dalam era pandemi ini tidak semua operasi bisa berjalan dengan offline oleh karena itu dengan adanya teknologi online, operasional offline sudah menjadi online.

·       Big data menggunakan SAP Business one yang digunakan untuk mendukung transaksi bisnis

·       Cybersecurity, karena seorang wirausaha digital berarti masuk ke dalam dunia digital, dunia digital ini terhubung satu dengan yang lainnya dan jika tidak mempunyai pertahanan yang cukup, resiko akan sangat tinggi sekali. 

Untuk menjadi seorang wirausaha digital tentunya juga sangat tidak mudah, pastinya banyak tantangan yang harus dihadapi sebelumnya untuk menjadi seorang wirausaha digital, namun jadikanlah tantangan itu sebagai peluang. 

Tantangan awal untuk menjadi seorang wirausaha digital adalah adanya peluang, peluang juga bisa muncul dari sebuah kebiasaan dan pengamatan yang sedang terjadi di masyarakat. Mengutip dari CNN Indonesia (2017) seperti kisah salah satu wirausaha digital indonesia yaitu Nadiem Makarim Ceo. PT Gojek Indonesia, penyedia jasa transportasi ojek online yang memulai ide bisnisnya setelah melihat permasalahan utama pengendara ojek yang menghabiskan banyak waktunya untuk menunggu pelanggan, sedangkan pelanggan sendiri malas untuk berjalan mencari pangkalan ojek. Solusi yang ditawarkannya dengan menghubungkan pengendara ojek dan pelanggannya melalui ponsel. Usaha ini telah dijalankan sejak tahun 2015 dan sukses membawa PT. Gojek Indonesia sebagai salah satu pengubah dunia versi majalah fortune di tahun 2017.

Tantangan kedua pada prinsip-prinsip dasar berbisnis yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha digital. Mengutip academia edu, bahwa prinsip-prinsip dasar yang harus dimiliki saat ingin memulai karier sebagai seorang wirausaha digital adalah :

·       Adanya minat

Ketertarikan dalam menjalankan sesuatu yang dijalani, jika kecintaan tersebut dijalani maka akan memotivasi untuk terus maju mencapai tujuan yang diinginkan

·       Adanya visi misi jangka panjang

Pentingnya memiliki visi jangka panjang dalam berbisnis akan membantu dalam menjalankan suatu bisnis, termasuk menentukan strategi perusahaan.

·       Memiliki kemampuan kepemimpinan

Sebagai seorang wirausaha digital haruslah memiliki kemampuan kepemimpinan, minimal dalam meimpin sendiri. Kepemimpinan akan semakin diperlukan ketika seorang wirausaha tidak lagi bekerja sendiri. Jiwa kepemimpinan akan membantu dalam menjaga semangat, kepercayaan, serta kerja sama dalam mencapai tujuan

·       Jaringan atau Relasi

Seorang pengusaha sukses indonesia, Chairul tanjung mengatakan bahwa dalam membangun usaha, membangun jaringan adalah prinsip yang sangat penting. Membangun relasi harus dimulai dari awal merintis suatu usaha. Bisa membangun dan mendapatkan mitra kerja akan membantu dalam mengembangkan bisnis, terlebih lagi jika seorang wirausaha mendapatkan kendala.

Keberhasilan Seorang wirausaha digital tidak terlepas dengan karakteristik yang dimilikinya, Salah satu karakteristik yang paling utama tentunya pantang menyerah karena saat akan memulai menjadi seorang wirausaha digital pasti akan banyak menemui berbagai kendala. karakteristik selanjutnya yang harus dimiliki yaitu mempunyai kreativitas tanpa batas, sebab kreativitas tanpa batas merupakan salah satu kunci yang menentukan kesuksesan seseorang dengan ide-ide yang unik dan dapat dikembangkan, sehingga semakin menarik ide tersebut maka akan semakin banyak yang akan menyukainya. Selanjutnya optimis dalam segala hal adalah karakteristik seorang wirausaha digital yang  harus ada karena sikap optimis akan menumbuhkan rasa percaya diri, kemudian membuat seorang wirausaha digital semakin semangat dalam mengelola dan dapat bekerja secara maksimal.

Kompetensi / skill yang perlu dimiliki ketika ingin menjadi seorang wirausaha digital Juga dilihat dari Pengukuran kinerja wirausaha digital bagaimana mencapai target financial dengan berpikir bagaimana mendapat pelanggan dan bagaimana pelanggan agar selalu loyal. Agar mencapai target financial berarti pelanggan harus selalu puas dengan apa yang diberikan. Untuk itu Kompetensi apa yang dibutuhkan oleh seorang wirausaha digital yaitu :

·       Komunikasi

Yaitu keterampilan yang penting bagi seorang wirausaha digital, karena wirausaha perlu menjelaskan ide yang dimilikinya untuk promosi ke investor atau pelanggan

·       Finansial

Memiliki kecerdasann finacial sangat penting dalam wirausaha, dalam mengendalikan arus kas sangat penting bagi bisnis besar

·       Merek

setiap wirausaha harus memiliki merek atau khas tertentu agar pelanggan tertarik terhadap usaha kita

·       Marketing

Seorang wirausaha digital pastinya memiliki produk yang terbaik, tetapi jika tidak ada yang tahu produk tersebut tidak akan berharga jadi seorang wirausaha harus pahami secara mendalam berbagai displin ilmu pemasaran digital untuk mengoptimalkan searc engine, seperti pemasaran menggunakan video singkat untuk menarik pelanggan, pemasaran melalui media sosial dan sebagainya

·       Automation

Jika perangkat lunak bisa mengerjakan, maka pelajarai cara menggunakan atau melakukan pendelegasian.

·       Design

Banyak seorang wirausaha yang mengabaikan design pada produknya, sedangkan design juga penting agar dapat menarik konsumen.

·       Analysic

Seorang wirausaha harus membuat suatu keputusan berdasarkan data, karena jika hanya berdasarkan intuisi kemungkinan besar akan salah dalam mengambil suatu keputusan

·       Tehnical

Seorang wirausaha sedikitnya harus memahami teknologi karena tanpa konsep teknologi yang dipahami akan sangat sulit menyesuaiakan usaha yang dimiliki pada era digital.

 

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Dalam Dunia Digital Marketing

  Hallo Sobat  Dunia Kampus Indonesia sudah memasuki era industri 4.0 yang ditandai dengan serba digital, era 4.0 akan terus membawa dan menghadirkan banyak perubahan yang tidak bisa dihentikan. Bagi generasi milenial pastinya sudah tidak asing dan tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kenyataan saat pandemi ini ketika kita di batasi mobilitasnya untuk keluar rumah, yang berarti orang melakukan aktivitasnya di dalam rumah maka yang dimana menunjukan semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk mengakses internet dan media sosial. Di era serba digital ini, bisa dikatakan pemasaran lewat digital sangat penting karena hampir semua orang cenderung fokus menggunakan smartphone yang digunakannya untuk mengakses berbagai informasi yang tersedia di internet. Internet sudah menjadi tidak asing lagi bagi orang-orang karena dalam masa saat ini internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Perkembangan era digital yang begitu pesat sangat memb

Pengaplikasian Komunikasi dalam Perusahaan PT.SidoMuncul

  Profil perusahaan PT.SidoMuncul PT SidoMuncul adalah pabrik jamu tradisional yang didirikan dari home industri yang dikelola oleh Ibu Rakhmat Sulistio di Yogyakarta pada tahun 1940. Saat itu, beliau hanya memiliki tiga karyawan yang membantu beliau menghasilkan ramuan dalam bentuk yang lebih praktis (bubuk). Pada tahun 1951, beliau kemudian mendirikan sebuah perusahaan sederhana, bernama SidoMuncul dengan produk pertama yang dapat melawan influenza yang membuat SidoMuncul menjadi terkenal dan mendapatkan banyak permintaan pasar. Namun sayangnya, pabrik ini tidak mampu menghasilkan produk yang lebih banyak. Maka, pada tahun 1984, Ibu Rakhmat pindah ke rumah industri di Jalan Kaligawe. Dengan pindahnya beliau, perusahaan mampu merespon permintaan pasar. Pabriknya mulai dilengkapi dengan mesin modern, Jumlah karyawan juga ditambahkan. Perusahaan pun terus menambah jumlah pabrik dan karyawan untuk terus mengembangkan perusahaan. Pada tahun 1997, SidoMuncul memiliki pabrik seluas 29 h